Senin, 26 Agustus 2019

Kampas Rem Yamaha Aman dan Nyaman Berkendara


Kampas Rem Yamaha Aman dan Nyaman Berkendara

Seperti tag line nya “Yamaha semakin di depan.” Yamaha Motor Indonesia selalu melangkah lebih jauh di dalam teknologi kendaraan roda duanya. Salah satunya adalah teknologi kampas rem. Bicara soal Yamaha, pasti langsung berkaitan dengan performanya yang mantap. Ada baiknya performa tersebut harus diimbangi juga dengan sistem pengereman yang baik.

Rem adalah suatu perangkat untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda, secara otomatis gerak kendaraan menjadi pelan. Pengereman yang cepat dari benda bergerak ini biasanya berubah menjadi panas karena gesekan. Kurangnya informasi mengenai merek produk kampas rem yang baik sering kali membingungkan. Ditambah lagi banyaknya beragam pilihan yang ditawarkan kadang membingungkan konsumen. Bukan hanya baik, kampas rem juga harus cocok dan sesuai dengan motor Anda.

Produk kampas  menjadi bagian paling vital bagi kendaraan. Selain berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan, rem yang baik juga harus memiliki beberapa kelebihan lain guna memenuhi berbagai karakter pengendara dan spesifikasi kendaraannya. Di zaman modern seperti sekarang, konsumen diberi kemudahan untuk mendapatkan informasi melalui media internet. Namun tentunya Anda juga harus lebih selektif agar informasi yang didapat tepat dan terpercaya.

Spare parts rem Yamaha dirancang dan disesuaikan dengan setiap model motor Yamaha.
Setiap komponen dan material kampas rem Yamaha selalu melewati tahap pengujian yang panjang. Ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja keseluruhan performa motor secara keseluruhan.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki kampas rem Yamaha:

- Kinerja sistem pengereman yang optimal. Kampas rem Yamaha memiliki daya pengereman yang optimal dan stabil karena sudah disesuaikan dengan kemampuan mesin, suspense dan sasis.
- Kekuatan pengereman yang tinggi namun rendah polusi.
- Kampas tidak cepat panas karena memiliki pelepasan panas yang lebih baik.
- Dapat menjaga dampak pengereman seperti suara dan getaran yang berlebihan.
- Seluruh sistem dan kinerja pengereman dirancang untuk kenyamanan berkendara.

Setiap kali jadwal mengganti kampas tiba, Anda mungkin akan kebingungan memilih mana kampas rem yang akan Anda pakai. Ada tiga bahan kampas yang bisa Anda dipilih. Yaitu kampas organik, semi-logam, asbes, keramik, dan sinter. Nah, mana yang cocok untuk sepeda motor Anda? Berikut beberapa tips memilih kampas yang baik.

Ada empat jenis kampas rem untuk kendaraan. Keempat tipe tersebut adalah:

- Semi-metalik kampas rem yang sangat tahan lama, memiliki transfer panas yang sangat baik, tetapi tingkat  cakramnya terhitung cepat haus dibandingkan tipe lain.
- Non-asbes organik. Kelebihannya adalah materialnya lebih lunak, kampas rem tidak bunyi. Tetapi kampas rem jenis ini cenderung lebih cepat habis.
- Non-asbes organik dengan metal yang rendah. Keunggulan tipe ini adalah transfer panasnya lebih baik, tetapi bunyinya lebih berisik daripada kampas rem non-asbestos reguler.
- Kampas rem berbahan keramik. Bahan ini merupakan bahan kampas rem terbaik karena biasanya ampasnya bersih dan tidak bunyi. Pengeremannya juga tidak merusak rotor.

Selain kampas yang berkualitas, para pengendara sepeda motor juga harus mengetahui bagaimana cara melakukan pengereman yang baik dan benar. Meski terlihat mudah namun teknik pengereman sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Tak jarang teknik pengereman yang salah ini justru membahayakan pengendara.

Pengguna sepeda motor kerap menganggap teknik pengereman hanya sekadar menekan tuas saja. Padahal idealnya komposisi pengereman yang direkomendasikan adalah 60:40. Yang dimaksud adalah menekan tuas rem depan sebanyak 60% dan rem belakang 40%.  

Metode pengereman yang tepat seperti inilah yang wajib dikuasai oleh pengendara sepeda motor. Para pengendara wajib mengetahui tertama saat berkendara dalam kondisi hujan. Itu sebabnya jangan sembarang memilih, hanya Yamaha motor dengan kampas rem terbai di kelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar